Home » » Noda Kusam Dan Cara Mengatasinya...!!!

Noda Kusam Dan Cara Mengatasinya...!!!


kulit kering dan kusam merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada kulti wajah. Kulit kering dan kusam dapat memperburuk tampilan wajah, yang akhirnya akan berimbas pada rasa percaya diri kita dalam bergaul atauberpenampilan didepan orang banyak. Kulit kering dan kusam juga bisa menmbuat wajah kita tewrloaht lebih tua /dari usia yang sebenarnya. Apabila tidak segera diatasi dengan benar, kulit kusam dan kering dapat menyebabkan munculnya masalh baru seperti jerawat, flek hitam, iritas, dll. ada berbagai macam cara untuk mengatasi dan mnehilangkna masalah ini pada wajah anda, Namun sebelumnya yuk kita kenali apa saja penyebab kulit kering pada wajha anda...

Penyebab kulit kering dan kusam 
Secara medis kulit kering adalah gangguan kesehatan yang disebut dengan iktiosis, yaitu hilangnya kelembaban lapisan kulit epidermis yang berdampak negatif yaitu berkurangnya elastisitas dan kelembapan  kulit. Kulit kering juga dapat memicu munculnya gangguan lain seperti kusam, sensitif, kemerahan, dan merusak perlindungan ulit. kulit kering biasanya terjadi karena terganggunya regenerasi kulit.

pada dasarnya manusia mempunyai mekanisme untuk meregenerasi sel-sel kulit yang telah mati, dengan kata lain tubuh kita mampu mengembalikan kondisi kulit yang telah kusam menjadi segar dan indah kembali. Biasanya proses regenerasi berlangsung selama 18 hari. Namun seiring bertambahnya usia, kemampuan sel-sel kulit juga ikut menurun. Shingga proses regenerasi kulit akan berlangsung lebih lama. Lama kelamaan kulit akan menjadi kering dan kehilangan keknyalanny dan akhirnya muncul keriput pada kulit wajah. Selain usia perawatan yang kurang pada wajah juga dapat memicu munculnya keriput pada kulit wajah. selain itu kulit kering juga disebabkan karena....

1. faktor genetik(keturunan)
yaitu faktor bawaan dari orangtua yang telah ada sejak lahir. yaitu bila ayah atau ibu anda mempunyai kulit yang kusam atau berminya, maka anda kemungkinan besar memiliki jenis kulit yang sama. hal ini tidak dapat dicegah akan tetapi masih bisa ditangani.


2.pola hidup
Pola hidup sangat berpengaruh pada kondisi kita baik itu kondisi penampilan wajah/kulit maupun tubu kita. Pola hidup yang sehat akan memberikan dampak positif pada kesehatan termasuk kesehatan kulit, dan sebalinya. contoh yang paling umum adalah dengan tidur teratur. orang yang mempunyai pola tidur yang teratur wajahnya akan terliha tlbih muda dan sehat, sebaliknya dengan mereka yang tidak tidur secara teratur, mereka akancenderung telihat tua. 

3. Pola makan
Terlalu banyak memakan makann yang tidak sehat seperti, junk food, gorengna, makan cepat saji, makan yang mengandung banyakl santan, dan kurangnya konsumsi asupan vitamin dan nutrisi lainnya, dapat mempengaruhi kondisi kulit kita. Seperti halnya tubuh kulit kita juga memerlukan nutisi yang tercukupi unutk membantu prose regenerasi sel-sel kulit. memperbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan, dan mengatur asupan makan yang kta konsumsi sehari-hari dapat membantu proses regenerasi sel-sel kulit sehingga kulit terlihat sehat dan indah.


4. Faktor Lingkungan
Lingkungan yang kumuh dan penuh dengan polusi dapat mempengaruhi kondisi kulit kita karena adanya kotoran, dan debu-debu yang bisa menempel pada permukaan kulit yang berminya, sehingga pori-pori kulit akan tersumbat dan lama kelamaan dapat memicu timbulnya jerawat. selain itu debu yang menempel pada kulit juga dapat membuat tampilan kulit terliha tkusam dan kering.

5. kosmetik yang tidak cocok.
Kulit kusam juga bisa disebabkan karena penggunaaan kosmetik yang tidak tepat, sehingga tidak ada kecocokan dengan kulit kita. Oleh karena itui pemilihan kosmetik yang baik dan berkualitas menjadi prioritas utama.


6. Istitrahat yang tidak teratur
Terlalu sering begadang atau tidur larut malam akan mempengaruhi kondisi kulit. Biasanya orang yang begadang kulitnya akan terlihat kusam dan pucat. tubuh kita memerlukan istirahat yang cukup untuk memaksimalkan metabolisme tubuh serta prose sregenerasi kulit pada malam hari.


7. Kurangnya konsumsi air putih
kurang konsumsi air putih sehari-hari dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Selain itu kulit akan cenderung mejadi kering karen hilangnya lemebapan kulit. lama-kelamaan kulit akan terlihat kusam akbiat kurang nya kelebapan kulit.

Cara mengatasi kulit kering dan kusam 


  1.  Setelah mandi pagi dan sore jangan lupa menggunakan pelembut raga alias body lotion untuk menjaga agar kulit tetap lembab. Bila Anda sering berada di ruangan ber-AC gunakan body lotion berbahan dasar air untuk mengunci kelembaban pada kulit Anda. Temperatur yang disarankan agar AC tidak menyebabkan kulit kering adalah 24 hingga 27 derajad celcius.
  2. ketika akan beraktifitas di luar rumah pada siang hari atau saat matahari bersinar terik, jangan lupa gunakan tabir surya atau lotion pelembab untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung minimal ber SPF 30. bila akan melakukan kegiatan berenang gunakan tabir surya yang anti air untuk menjaga kulit drari sengatan sinar matahari. 
  3. Jangan terlalu sering berendam dengan air panas karena dapat mengurangi kelembaban kulit sehingga kulit menjadi kering dan bersisik.
  4. Penuhi kebutuhan air dalam tubuh yaitu 8 gelas sehari untuk menjaga tubuh dari dehidrasi atau kekeringan. Kekurangan asupan air akan terlihat pada kulit wajah dan tubuh yang kering dan bersisik.
  5. perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan bervitamin yang dapat menjaga kulit tetap lembab sekaligus merangsang regenarasi sel kulit sehingga kulit selalu terlihat segar dan muda.
  6. berolahraga secara teraturt. dengan berolaharaga kita dapat menjaga kesehatan tubuh kita selain itu dengan berolah raga kita juga dapat mengelirarkan toksin-toksin yang ada di dalam tubuh
  7. menjaga pola tidur dan menghindari tidur tidak teratur (begadang
selain cara diatas anda juga dapat melakukan serangkain perawatan untuk mempertahankan kulit anda agar senantiasa cerah, putih, dan kenyal serta terhindar dari kulit kusam da kering

Perawatan Kulit Secaara Alami

KUNYIT DAN SUSU
Perubahan suhu yang sangat drastic dari panas ke dingin atau sebaliknya serta penggunaan kosmetika yang tidak sesuai dengan jenis kulit juga membuat kulit kusam. Tanda-tandanya, kulit tidak segar, muncul bintik hitam, jika diraba terasa kasar dan raiasan tidak menempel sempurna. Jika terkena keringat, maka kulit bertambah lusuh.
Untuk mengatasinya, kulit harus disegarkan dan dicerahkan kembali. Setelah sembuh, maka kulit harus dirawat lebih baik lagi.
Caranya :
  • Ambil tepung terigu sebanyak satu sendok makan, tambahkan sejumput bubuk kunyit.
  • Lantas teteskan perasan jeruk nipis, minyak zaitun dan susu segar cair masing-masing setengah sendok makan.
  • Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
  • Oleskan ke seluruh area wajah, diamkan selama 30 menit.
  • Basuh dengan air bersih. Lakukan seminggu sekali agar kulit kusam kembali segar dan sehat

MINYAK ALMOND DAN MINYAK BIJI RAMI
Kulit kusam juga bisa disebabkan paparan sinar matahari yang terllau banyak menerpa kulit. Akibatnya kulit menjadi kering dan kusam. Untuk mengatasinya, gunakan pelembab alami yang tidak sekadar melembabkan kulit dalam waktu singkat, namun juga bisa memperbaiki kulit.
Caranya :
  • Campur minyak biji rami, minyak zaitun dan minyak almond, masing-masing sebanyak setengah sendok teh.
  • Masukkan ke dalam botol kecil dan aduk hingga tercampur rata.
  • Tambahkan air destilasi hangat sebanyak tiga sendok makan.
  • Kocok dan oleskan pada kulit.
  • Biarkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih.
  • Lakukan satu minggu satu kali. Masing-masing minyak tersebut kaya akan asam lemak dan aneka nutrisi yang membantu menyehatkan sekaligus melembabkan kulit. Anda bisa membeli minyak almond, minyak zaitun dan minyak biji rami di toko bahan kue atau masakan.

WORTEL DAN ALOE VERA
Mengkonsumsi obat-obatan juga berefek buruk pada kesehatan dan kecantikan kulit. Terutama obat-obatan diuretic, antispasmodic dan antihistamin yang menyebabkan kulit kering.
Solusinya, kurangi konsumsi jenis obat-obatan tersebut. Namun, jika tidak bisa dilakukan, maka cara terbaik adalah dengan merawat kulit dengan bahan-bahan yang tepat.
Caranya :
  • Ambil lender atau gel aloe vera sebanyak satu sendok makan. Campur dengan parutan wortel dan aduk hingga merata.
  • Oleskan merata ke wajah, kecuali area mata. Biarkan selama 15-20 menit agar remuan mongering. Basuh dan bilas dengan air bersih.
  • Aloe vera akan mengangkat sel kulit mati sekaligus menenangkan dan melembabkan kulit. Selain itu juga akan menyembuhkan kulit terluka karena terlalu kering. Sementara wortel mengandung vitamin A dan C yang bagus untuk melembutkan kulit.

TEPUNG BERAS DAN MENTIMUN
Lalai merawat kulit mengakibatkan kulit kusam. Sebab sel kulit mati yang seharusnya dibuang akan menumpuk di permukaan kulit, sehingga kulit menjadi kusam, kasar dan tidak sehat.
Solusinya adalah mengulaskan bahan yang mengandung butiran scrub agar sel kulit mati yang menumpuk bisa diangkat dan kulit menjadi lebih sehat.
Caranya :
  • Buatlah pasta yang berasal dari campuran tepung beras sebanyak satu sendok makan, perasan mentimun dan jeruk. Jumlah perasan mentimun dan jeruk disesuaikan dengan jumlah tepung beras.
  • Aduk merata hinga adonan cukup pekat dan bisa dioleskan pada kulit. Oleskan merata pada wajah kecuali area mata.
  • Biarkan selama 15 sampai 20 menit atau hingga mongering. Perasaan mentimun itu akan melembutkan kulit sementara perasan jeruk dan tepung beras bisa mengangkat sel kulit mati yang menumpuk dan membuat kulit kusam.
  • Jika kulit anda tidak berjerawat, bisa juga ditambahkan perasan lemon yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Sebab, umumya kulit kusam berwarna kecoklatan dan tidak cerah.
  • Lakukan perawatan ini dua kali seminggu. Jika kulit sudah kembali sehat bisa diteruskan dengan perawatan yang sama seminggu sekali.
LEMON
Lemon yang berfungsi untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya, juga mampu untuk menghilangkan kulit kusam,
 caranya
  • siapkan jeruk lemon dan peras
  • gunakan perasan jeruk dengan mengoleskannya ke wajah secara merata
  • diamkan selama 30 menit dan bilas 
 Demikian Cara untuk atasi masalah kulit kusam di wajah, mudahkan caranya, Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

0 komentar:

Posting Komentar